RSS

posisi duduk yang benar

06 Okt
Penulis : Ikarowina Tarigan
Posisi Duduk yang Benargizmodo.com

ANDA bekerja di kantor dan seringkali pulang ke rumah dengan kondisi badan dan lengan pegal-pegal? Hal ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak benar. Posisi tubuh yang tidak benar bisa mengundang berbagai masalah kesehatan termasuk sakit punggung. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa mengubah posisi duduk serta menyesuaikan kursi dan meja kerja Anda. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi panduan Anda.

Dukung punggung Anda

Anda bisa mengurangi ketegangan punggung dengan menggunakan kursi yang bisa disesuaikan. Pilihlah kursi yang mudah disesuaikan sehingga Anda bisa mengubah ketinggian, posisi punggung serta kemiringannya. Selanjutnya, sejajarkan posisi lutut Anda dengan pinggul. Anda bisa menyejajarkan posisi ini dengan bantuan tatakan kaki, atau memilih kursi yang dilengkapi dengan tatakan kaki. Jika kursi Anda tidak dilengkapi dengan tatakan kaki, paling tidak letakkan sesuatu di bawah kaki yang bisa meluruskan posisi lutut dan pinggul.

Sesuaikan kursi Anda

Perhatikan berbagai penyesuain yang memungkinkan dari kursi Anda. Jika seseorang telah menggunakan kursi Anda, Anda mungkin perlu menyesuaikan kembali. Jika masih kurang nyaman, cobalah jenis kursi lainnya.

Istirahatkan kaki di lantai

Kaki Anda sebaiknya diletakkan datar di lantai. Jika tidak, Anda mungkin bisa menggunakan tatakan kaki sehingga Anda bisa menyesuaikan ketinggian hingga level yang nyaman menurut Anda. Jangan silangkan kaki Anda. Hal ini bisa mengganggu sistem peredaran darah dan menyebabkan masalah pinggang.

Layar komputer sejajar dengan mata

Posisikan layar monitor Anda dengan jarak sekitar 12-30 inci (30-75 cm) dari mata. Atau, Anda bisa mengukurnya dengan menempatkan monitor sejauh satu lengan dengan puncak layar sejajar dengan mata. Agar bisa mengatur seperti ini, komputer Anda harus dilengkapi dengan stand (kaki monitor).

Hindari refleksi dari layar monitor

Sebisa mungkin, layar komputer Anda sebaiknya bebas dari cahaya silau. Jika ada kilauan cahaya di monitor Anda, tempatkan kaca di depannya untuk mencaritahu sumber penyebabnya. Posisikan monitor sedemikian rupa agar terhindar dari refleksi cahaya lampu yang berlebihan dan cahaya matahari. Jika perlu, gunakan tirai di jendela dan gantilah lampu di langit-langit dengan lampu meja. Sesuaikan juga keterangan dan kontras layar. Hal ini bisa menghasilkan perbedaan yang sangat berarti.

Letakkan benda di tempat yang mudah dijangkau

Letakkan benda-benad yang sering Anda gunakan di tempat yang mudah dijangkau, misalnya telepon atau stapler. Hindari peregangan dan membengkok-bengkokkan badan secara berulang-ulang hanya untuk menjangkau benda-benda yang jauh dari posisi duduk Anda.

Hindari peregangan akibat telepon

Jika Anda harus bekerja dengan menggunakan telepon secara berulang-ulang, sebaiknya cobalah menggunakan headset. Berulang-ulang menimang telepon di antara kuping dan bahu bisa menegangkan otot-otot leher Anda.

Hindari sakit di pergelangan

Saat menggunakan keyboard, sebaiknya posisi pergelangan tangan Anda harus lurus. Jagalah agar siku tetap tegak lurus di bawah bahu dan tepat berada di samping tubuh. Tempatkan dan gunakan mouse sedekat mungkin dengan Anda. Menggunakan mouse mat yang dilengkapi dengan tatakan tangan bisa menjaga agar pergelangan tangan tetap lurus

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: